Assalamualaikum wr.wb
Disini kami akan menganalisa sebuah kasus organisaisi dalam perusahaan. Dimana Pak Broto adalah pendiri direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Sentosa sebuah pabrik Mie di Karawang. Suatu waktu perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi,kemudian Pak Broto diangkat sebagai Direktur yang baru. Beliau diperintahkan untuk mengembangkan sebuah struktur dalam organisasi. Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan masalah antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari,Pak Broto menyadari bahwa penjualannya mulai menurun,laba menyusut,dan banyak karyawan yang keluar dari perusahaannya. Beliau memiliki konflik hubungan antara kepala departemen dan bermaksud memecat kepala departemen yang bermasalah dan menggantinya dengan yang baru. Masalahnya adalah bagaimana mereorganisasi PT.Sentosa menjadi perusahaan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualan dan labanya.
Pertanyaan:
1. Apakah dengan menganti kepala departemen yang bermasalah akan mengurangi masalah dalam perusahaan? Jelaskan!
#Ya. Karena dalam suatu organisasi apabila kepala departemen dalam organisasi tersebut sudah bermasalah maka seluruh pekerjaan akan menjadi masalah. Maka lebih baik kepala departemen yang bermasalah tersebut dapat digantikan dengan kepala departemen yang baru yang bisa bertanggung jawab dalam organisasi tersebut.
2. Perencanaan pengorganisasian seperti apa yang akan direncanakan? Gambarkan juga struktur organisasinya?
Menurut kami,pengorganisasian yang cocok untuk perusahaan tersebut yaitu dengan menggunakan pengorganisasian gabungan. Karena dalam organisasi gabungan tersebut kita bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing perusahaan dan kita dapat mengubah struktur organisasi yang lama menjadi struktur yang lebih informal dan memiliki pemimpin yang memiliki kemampuan softskill yang luar biasa.
Contoh Struktur Organisasi Dalam Perusahaan
Disini kami akan menganalisa sebuah kasus organisaisi dalam perusahaan. Dimana Pak Broto adalah pendiri direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Sentosa sebuah pabrik Mie di Karawang. Suatu waktu perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi,kemudian Pak Broto diangkat sebagai Direktur yang baru. Beliau diperintahkan untuk mengembangkan sebuah struktur dalam organisasi. Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan masalah antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari,Pak Broto menyadari bahwa penjualannya mulai menurun,laba menyusut,dan banyak karyawan yang keluar dari perusahaannya. Beliau memiliki konflik hubungan antara kepala departemen dan bermaksud memecat kepala departemen yang bermasalah dan menggantinya dengan yang baru. Masalahnya adalah bagaimana mereorganisasi PT.Sentosa menjadi perusahaan yang lebih profesional dengan meningkatkan penjualan dan labanya.
Pertanyaan:
1. Apakah dengan menganti kepala departemen yang bermasalah akan mengurangi masalah dalam perusahaan? Jelaskan!
#Ya. Karena dalam suatu organisasi apabila kepala departemen dalam organisasi tersebut sudah bermasalah maka seluruh pekerjaan akan menjadi masalah. Maka lebih baik kepala departemen yang bermasalah tersebut dapat digantikan dengan kepala departemen yang baru yang bisa bertanggung jawab dalam organisasi tersebut.
2. Perencanaan pengorganisasian seperti apa yang akan direncanakan? Gambarkan juga struktur organisasinya?
Menurut kami,pengorganisasian yang cocok untuk perusahaan tersebut yaitu dengan menggunakan pengorganisasian gabungan. Karena dalam organisasi gabungan tersebut kita bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari masing-masing perusahaan dan kita dapat mengubah struktur organisasi yang lama menjadi struktur yang lebih informal dan memiliki pemimpin yang memiliki kemampuan softskill yang luar biasa.
Contoh Struktur Organisasi Dalam Perusahaan
3. Gaya kepemimpinan apa yang cocok untuk perusahaan tersebut?Persyaratan-persyaratan apa saja yang diperlukan oleh seorang pemimpin yang baik sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkannya?
Gaya kepemimpinan yang cocok untuk perusahaan tersebut:
1. Seorang pemimpin harus berpegang teguh pada hukum-hukum Allah
2. Dapat memutuskan perkara yang adil
3. Memiliki visi misi yang cemerlang
4. Bekerja keras,pintar,dan bertanggung jawab
5. Memiliki keterampilan yang unggul
6. Seorang pemimpin harus demokratis atas keputusan-keputusan yang telah dibuat
7. Seorang pemimpin harus beperilaku sopan dan santun.
Syarat-syarat yang harus ada dalam seorang pemimpin yang baik agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar:
1. Seorang pemimpin harus memiliki keberanian,ciri-cirinya:
a. Dapat membela yang benar
b. Teguh pada pendirian yang benar
c. Tidak takut gagal
d. Berani mengambil resiko
e. Dan berani bertanggung jawab
2. Seorang pemimpin harus memiliki kharisma,ciri-cirnya:
a. Perilakunya terpuji
b. Jujur dan dapat dipercaya
c. Memegang komitmen
d. Konsisten dengan ucapan
e. Memiliki moral agama yang cukup
3. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain,ciri-cirinya:
a. Bisa membuat orang lain merasa penting
b. Dapat membantu kesulitan orang lain
c. Mengemukakan wawasan dengan cara pandang yang positif
d. Tidak merendahkan orang lain
e. Memiliki kelebihan dan keunggulan
4. Seorang pemimpin mampu membuat strategi yang bagus,ciri-cirinya:
a. Dapat menguasai medan
b. Memiliki wawasan yang sangat luas
c. Dapat berfikir cerdas
d. Kreatif dan inovatif
e. Mampu menyusun skala prioritas
5. Seorang pemimpin harus memiliki moral yang tinggi,ciri-cirinya:
a. Tdak menyakiti orang lain,baik dalam ucapan,perbuatan maupun tingkah laku.
b. Menghargai siapa saja
c. Tidak mau memiliki yang bukan haknya
d. Tidak ceroboh dalam mengambil keputusan
e. Perkataannya terkendali dan penuh perhitungan
6. Seorang pemimpin harus mampu menjadi motivator bagi orang lain,ciri-cirinya:
a. Memiliki kepedulian terhadap orang lain
b. Mampu menjadi pendengar yang baik
c. Mampu meyakinkan kepada orang lain
d. Mengajak kepada kebaikan
e. Berusaha mengerti keinginan orang lain
Demikianlah contoh kasus dalam organisasi perusahaan,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua apabila kita nanti menjadi salah satu kepala direktur di masa yang akan datang. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan ini. See you again J
Wassalamualaikum wr.wb
Created By:
1. Aryo Yudo P
2. Genta Adhitama
3. Ika Merina
4. Rinaldi Trihadmojo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar